Dasar Teori Praktikum Telnet dan Putty

Dasar Teori Praktikum Telnet dan Putty - Telnet dan Putty inilah yamg akan Di bahas Di Artikel Kali ini. Silahkan Simak Sendiri artikkelnya.

TelNet

TelNet adalah merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan di internet atau jaringan lokal. Telnet pertama kali dikembangkan pada tahun 1969 yang kemudian distandarisasikan sebagai IETF STD 8 yang merupakan salah satu standar dari standar-standar pertama yang digunakan di internet.

Telnet menyediakan komunikasi dua arah berbasis teks atau terminal emulator antara client dan server. Dengan kata lain, Telnet memungkinkan kita untuk mengendalikan, memberi perintah, menjalankan perintah, merubah konfigurasi, meremote komputer lain (server) melalui komputer di depan meja kita sendiri (client).

Program Telnet biasanya digunakan untuk mengakses komputer berbasis Linux/Unix. Karena memang Linux/Unix banyak digunakan sebagai server. Namun saat ini Telnet sudah jarang digunakan karena memiliki celah atau lubang keamanan sebab komunikasi teks yang dilakukan tanpa enkripsi artinya bisa disadap oleh orang lain.

Untuk memulai sesi Telnet, biasanya Anda harus mengisikan username serta password yang valid sebagai verifikasi atau legalitas dari account yang Anda miliki. Dan account tersebut di dapat atau Anda buat sendiri jika Anda bertindak sebagai administrator dari sebuah jaringan.

Telnet berjalan dengan 2 software yang masing-masing software dipasang pada komputer server (Telnet Server) dan pada komputer client (Telnet Client). Namun biasanya istilah Telnet sering digunakan untuk menunjuk software yang digunakan atau dipasang pada komputer client saja (Telnet Client).

Putty

Putty itu software kecil untuk melakukan remote ke suatu server (komputer) yang membuka port 21 (telnet), port (22) SSH, dsb.

Telnet itu service yang dijalankan suatu komputer melalui port 21. Telnet bisa dilakukan dan menghubungi baik mesin windows ataupun unix/linux.
Intinya asal ada service telnet-nya dan dibuka, maka komputer itu (windows or non windows) bisa di telnet melalui komputer lain (windows or non windows). Bisa melalui perintah 'telnet' di command windows atau linux/unix, atau menggunakan software seperti putti, qvt-term, dsb

Lihat Juga :

1 Response to "Dasar Teori Praktikum Telnet dan Putty"

  1. Very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    ReplyDelete